Pages

Tuesday, September 17, 2013

SEKILAS PANDANG TENTANG UNIVERSITAS AL-AZHAR CAIRO MESIR


SEKILAS PANDANG
TENTANG UNIVERSITAS AL-AZHAR CAIRO MESIR

I.      MUQADDIMAH

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mengawali wahyunya dengan perintah membaca (belajar). Shalawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah memotivasi umat untuk menjadi pecinta ilmu.

Firman Allah SWT dalam surah al-Alaq ayat 1 s.d. 5 yang artinya sebegai berikut:
“Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang maha mulia. Yang mengajar melalui perantraan qalam. Yang mengajar manusia sesuatu yang belum diketahuinya”.
Sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Jadilah kamu orang yang pandai, atau orang yang belajar, atau orang yang suka mendengarkan (ilmu pengetahuan), atau orang yang cinta (ilmu), dan janganlah menjadi orang yang kelima sebab karena itu kamu akan binasa”. (HR. Al-Baihaqi)
Atas dasar itu saya AHMAD Bin MUHAMMAD termotivasi untuk melanjutkan pendidikan di Universitas AL-AZHAR CAIRO MESIR pada tahun ajaran ini (2011/2012) insya Allah. Namun karena keterbatasan dana maka dalam hal ini saya memerlukan bantuan Bapak/Ibu sehingga kiranya cita-cita tersebut dapat tercapai.

II.    UNIVERSITAS AL- AZHAR MASA KINI
Universitas AL-AZHAR CAIRO MESIR didirikan 29 Jumadil Ula 359 H. (970 M.) oleh panglima Jauhar al-Shiqili. Lalu dibuka resmi pada hari jum’at 7 Ramadhan 361 H. Ini berarti Universitas tersebut telah berumur 1073 tahun (Hijriyah) dan 1041 tahun (Miladiyah).
Selama ribuan tahun itu Universitas AL-AZHAR CAIRO MESIR telah menjadi pusat penelitian dan pengkajian, baik ilmu-ilmu terapan terlebih lagi ilmu-ilmu keislaman. Kondisi ini menarik perhatian kaum muslimin dunia bahkan juga non muslim.

Universitas AL-AZHAR CAIRO MESIR senantiasa mengadaptasi perkembangan zaman dan teknologi, sehingga menjadi pusat studi Islam dunia dan kini telah memiliki lebih dari 50 fakultas yang tersebar di wilayah Mesir. Para alumnusnya tersebar di seluruh dunia.
III.   PENUTUP
Demikian sekilas tentang  Universitas AL-AZHAR CAIRO MESIR yang dapat menggugah minat belajar para pecinta ilmu. Dan mendorong para dermawan memberikan bantuan kepada generasi penerus yang ingin menimba ilmu di negeri piramid itu.Share ke yg lain agar mereka juga mendapat manfaat. terima kasih sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment

 

Blogroll

.